Ciptakan sistem sendiri yang membantu pekerjaan anda

membuat software web
menciptakan sistem sendiri terlepas dari standar yang telah ditemtukan

Dalam perjalanan saya mengembangkan sistem manajemen perawatan dan perbaikan kendaraan dan alat berat yang saat ini sudah berjalan di tahun yang ke 8, setidaknya ada 2 kasus yang cukup menarik.

Satu kasus yang terjadi saat ini adalah dimana system diminta untuk menggunaan bahasa pemrograman dan database sesuai standar yang dipergunakan perusahaan ( holding ).

System ini biasanya di perusahaan ada di dalam departmen maintenance atau peralatan, bila diminta menyamakan dengan bahasa pemrogaraman dan data base oleh orang ( dept ) IT itu adalah kondisi idealnya, jadi IT akan memiliki program dan database dengan format yang sama, tapi dengan kondisi apakah IT dapat menyatukan ( memadukan ) seluruh program dari seluruh departmen yang berbeda, jawabannya kalau kemungkinannya bisa, tapi membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Departemen IT dalam sebuah perusahaan biasanya bertugas dalam memelihara dan merawat hal yang berhubungan dengan sistem informasi di perusahaan, tapi tidak menciptakan perangkat yang berhubungan dengan sistem tersebut, apalagi program itu dibuat oleh vendor yang berbeda, sehingga dapat dipastikan logika programnya berbeda dan masing-masing memiliki “ilmu pertahanan” yang berbeda.

Sehingga apabila perusahaan bermaksud membuat sebuah system yang ERP pastilah harus dibuat serentak, hampir tidak mungkin sebuah ERP dalam perusahaan terdiri dari berbagai macam program yang dibuat oleh berbagai programer, kalau iya pastilah dept IT harus berjuang sangat keras untuk mencapainya.

Sementara itu setiap departmen atau divisi dalam perusahaan membutuhkan perangkat bantu yang sesuai dengan bidang perkerjaannya, departemen maintenance perlu perangakat yang fokus dalam urusan pemeliharaan dan perbaikan mesin dan peralatannya, dan bagaimana agar peralatan tersebut menguntungkan bagi perusahaan, bila menunggu sampai dengan tercipta ERP kapan akan didapatkan, bahkan ditemui dalam salah satu client yang ada department membuat system sendiri karena ERP perusahaan tidak membantu pekerjaannya tetapi justru memusingkan.

Bagaimana jalan keluarnya ? akhirnya departemen tersebut membuat system untuk jenis pekerjaannya sendiri tanpa bersentuhan dengan ERP perusahaan.

Kasus kedua, beberapa client menciptakan sistem secara partial artinya betul-betul memisahkan antara bagian yang satu dengan yang lain, mereka menciptakan system dengan program berbasis desktop, kesulitannya, pada saat  setup awal harus instal pada setiap komputer yang tidak jarang kendalanya adalah setiap komputer kadang mempunyai masalah yang berbeda-beda.

Pada saat system sudah berjalan ditemui masalah dengan perawatan, ada 2 client yang mengalami masalah di tengah perjalanan system ( lebih dari 2 tahun berjalan ) tiba-tiba server menemui masalah kerusakan, ada yang akibat virus ada juga karena kerusakan hardware, apa akibatnya, ada yang data hilang sama sekali ( katanya backup juga lupa dilakukan ).

Bagaimana solusinya ?

Saat ini sedang dikerjakan sebuah solusi kedua masalah diatas, yaitu dengan menciptakan sistem sendiri yang fokus pada masalah peralatan dan perbaikan berbasis web dengan server sendiri ( hosting ) tanpa berhubungan dengan server milik perusahaan, sehingga permasalahan pekerjaan di departmen maintenance terselesaikan dan terbantu tanpa mengganggu orang atau departmen lain, tetapi sistemnya aman tidak mengganggu hardware yang notabenenya milik perusahaan.

Bagaimana dengan anda ?  selengkapnya …….

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*